Sabtu, 21 Maret 2015

Run for Leprosy 2015 at Alam Sutera





#RunforLeprosy2015 by Teach For Indonesia and Bina Nusantara University 

Kesan dan pesan saya sebagai pelari di event ini adalah saya merasa acara ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk kalangan anak muda saja tetapi juga untuk semua umur baik dari anak kecil sampai orang tua. Karena selain kita mendapat keuntungan berolahraga dari berlari, kita juga sekaligus melakukan kegiatan amal bagi sadara kita yang menderita penyakit kusta. Semoga acara ini akan terus diadakan tiap tahunnya dan anyak muncul kegiatan lain yang menggabungkan olahraga dengan kegiatan amal lainnya. 

Penyakit Kusta atau lepra adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan bakteri Mycrobacterium leprae dan Mycrobacterium lepromatosis. Penyakit ini adalah tipe penyakit granulomatosa pada saraf tepi dan mukosa dari salran pernapasan atas; dan lesi pada kulit adalah tanda yang bisa diamati dari luar. Bila tidak ditangani, kusta dapat sangat progresif, menyebabkan kerusakan pada kulit, saraf-saraf, anggota gerak, dan mata. Tidak seperti mitos yang beredar di masyarakat, kusta tidak menyebabkan pelepasan anggota tubuh yang begitu mudah, seperti pada penyakit tzaraath. 

Saya berkomitmen untuk ikut berpartisipasi membantu para saudara kita diluar sana yang menderita penyakit kusta. Apakah itu dengan donasi untuk obat-obatan, ataupun dengan mensupport mereka lewat media massa, dll. Saya juga berkomitmen untuk tidak memandang negatif penyakit kusta apalagi dengan orang-orang yang mengidapnya. Dan penyakit kusta itu mereka dapat bukan karena mereka menginginkannya, tetapi itu bisa disebabkan oleh penyakit genetika ataupun kontak dengan penderita lain. Sehingga itu bukan salah mereka, jika mereka mengidap penyakit kusta.

Menurut saya, harus ada banyak kunjungan ke daerah-daerah khususnya daerah terpencil yang banyak berpotensi adanya bakteri penyebab penyakit kusta, supaya mereka aware tentang bahaya nya keadaan sekitar mereka. Harus juga ada kegiatan bermanfaat seperti Run For Leprosy ini untuk memperkenalkan penyakit kusta lebih luas ke kalangan masyarakat dengan cara yg menarik dan kreatif sehingga masyarakat ikut berpartisipasi membantu dengan cara mendonasikan dan mensupport para penderita melalui lari bersama untuk mendukung mereka berjuang melawan penyakitnya.

Semangat berjuang saudara-saudara ku! Kami berada di sekeliling mu !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar